Alat Ucap Manusia

Thursday, 22 October 2015

Alat Ucap Manusia

Alat ucap adalah organ pada tubuh manusia yang berfungsi dalam pengucapan bunyi bahasa. Organ-organ yang terlibat antara lain adalah paru-paru, laring, faring, rongga hidung, rongga mulut, bibir, gigi, lidah, alveolum [Bagian mulut yg keras di belakang gigi atas], palatum [Langit-langit mulut], velum [Bagian belakang dari langit-langit lembut], dan uvula [Jaringan lunak yang dapat dilihat menjuntai turun dari langit-langit lunak di bagian belakang lidah].

Artikulator
Bagian alat ucap yang dapat bergerak, misalnya bagian lidah dan bibir bawah;
Artikulator terbagi dua yaitu :
  1. Artikulator pasif adalah organ-organ yang tak bergerak sewaktu terjadi artikulasi suara seperti bibir atas, gigi atas dan alveolum. 
  2. Artikulator aktif bergerak ke arah artikulator pasif untuk menghasilkan berbagai bunyi bahasa dengan berbagai cara. Artikulator aktif utama adalah lidah, uvula, dan rahang bawah (termasuk gigi bawah dan bibir bawah).
Artikulasi dapat diartikan dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
Ilmu yang mempelajari alat ucap manusia dan tata bunyi yang dihasilkannya disebut fonologi. Alat ucap manusia menghasilkan lambang-lambang bunyi yang bermacam-macam. Setiap bunyi yang dihasilkannya memiliki ciri tersendiri yang dapat dijelaskan proses pengucapannya.
Setiap lambang bunyi tersebut disimbolkan dengan bentuk huruf dalam bahasa tulis dan fonem untuk bahasa lisan.

Huruf Vokal dan Konsonan

Dalam Bahasa Indonesia, Huruf dibagi menjadi empat kelompok, yakni :
  1. Huruf Vokal atau Huruf Hidup; Huruf Vokal adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru tidak terkena hambatan atau halangan. Jumlah huruf vokal ada 5, yaitu a, i, u, e, dan o.
  2. Huruf Konsonan atau Huruf Mati; Huruf Konsonan adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru mendapatkan hambatan atau halangan. Jumlah huruf konsonan ada 21 buah, yaitu b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z.
  3. Huruf Diftong atau Huruf vokal Rangkap; Huruf diftong adalah gabungan dua buah huruf vokal yang menghasilkan bunyi rangkap. Dalam Bahasa Indonesia huruf diftong berbentuk ai, au, dan oi. Contoh : Bangau, Pakai, Sengau, Perangai, dsb.
  4. Huruf Konsonan Rangkap; Gabungan dua huruf konsonan ada 4 buah dalam bahasa indonesia, yaitu : kh, ng, ny, dan sy. Contohnya : nyamuk, syarat, kumbang, khawatir, dsb

Posted by : Juragandlieur
This post Updated at :Thursday, October 22, 2015