MACAM-MACAM SIKLUS HIDROLOGI

Sunday, 18 October 2015

MACAM-MACAM SIKLUS HIDROLOGI

Siklus hidrologi adalah perputaran air dengan perubahan berbagai bentuk dan kembali pada bentuk awal. Hal ini menunjukkan bahwa volume air di permukaan bumi sifatnya tetap. Siklus air secara alami berlangsung cukup panjang dan cukup lama. Sulit untuk menghitung secara tepat berapa lama air menjalani siklusnya, karena sangat tergantung pada kondisi geografis, pemanfaatan oleh manusia dan sejumlah faktor lain.
Siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Ada tiga macam siklus hidrologi, yaitu :

1. Siklus Pendek

Siklus ini terjadi jika uap air laut mengalami kondensasi di atas laut, selanjutnya membentuk awan dan jatuh sebagai hujan di laut setempat. 
Proses ini terjadi karena adanya pemanasan sinar matahari yang mengakibatkan air di laut menguap dan membubung di udara. Di udara uap air mengalami penurunan suhu karena perbedaan ketinggian (Setiap naik 100 meter suhu udara turun 0,5oC). Dengan demikian semakin keatas suhu udara semakin rendah, sehingga terjadi proses kondensasi (pengembunan)

2. Siklus Sedang

Siklus ini terjadi jika uap air laut mengalami kondensasi, selanjutnya membentuk awan yang terbawa angin menuju daratan dan jatuh sebagai hujan. Namun, terbentuknya awan tidak selalu di atas laut sehingga ada kemungkinan yang terbawa angin adalah uap airnya. Setelah di atas daratan, uap air berubah menjadi awan dan selanjutnya turun sebagai hujan. Air hujan yang jatuh di darat ada yang menjadi aliran permukaan, meresap ke dalam tanah, mengalir di sungai dan akhirnya kembali ke laut.

3. Siklus Panjang

Siklus panjang yaitu air laut menguap, terjadi kondensasi, uap air terbawa angin dan membentuk awan di atas daratan hingga ke pegunungan tinggi, jatuh sebagai salju dan terbentuk gletser kemudian mengalir ke sungai yang selanjutnya kembali ke laut.

Posted by : Juragandlieur
This post Updated at :Sunday, October 18, 2015