IKLIM

Tuesday, 15 December 2015

IKLIM

Definisi Iklim

Banyak terdapat definisi tentang iklim, yaitu :
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
Iklim adalah penyebaran cuaca dari waktu ke waktu dan termasuk didalamnya harga rata-rata dan harga ekstrim (Maksimum dan minimum).
Iklim adalah keberaturan keadaan udara/kondisi fisis udara rata-rata dari gejala-gejala cuaca yang terjadi pada suatu tempat tertentu pada periode yang lama.
Iklim merupakan rata-rata kondisi cuaca dalam jangka waktu panjang yang berupa pola statistik jangka panjang tentang perilaku atmosfer. Dengan kata lain, iklim  adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu periode yang cukup lama pada suatu tempat/daerah yang cukup luas. Jadi berbeda dengan cuaca yang merupakan kondisi sesaat.
Secara umum iklim didefinisikan sebagai kondisi rata-rata suhu udara, curah hujan, tekanan udara, arah angin, kelembaban udara serta parameter iklim lainnya dalam jangka waktu yang panjang antara 30-100 tahun (intercentenial). Jadi berbeda dengan cuaca yang merupakan kondisi sesaat, iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
Iklim didefinisikan juga sebagai kesimpulan perubahan yang dicirikan kondisi atmosfir oleh keadaan dan perkembangan cuaca yang terjadi di suatu wilayah. Sedangkan Secara lebih sederhana iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata di suatu wilayah.
Pada intinya iklim adalah pola cuaca yang terjadi selama bertahun-tahun. Sementara cuaca itu sendiri adalah kondisi harian suhu, curah hujan, tekanan udara dan angin.
Namun batasan klasik menyatakan bahwa iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu periode yang cukup lama/daerah yang cukup luas.
Iklim merupakan unsur alam yang sangat besar pengaruhnya terhadap keadaan dan karakteristik di suatu kawasan. Oleh karena itu iklim secara tidak disadari bisa mempengaruhi budaya penduduk di daerahnya. Fenomena iklim bisa dimanfaatkan sebagai sumberdaya alam, namun dalam kejadian yang ekstrim bisa menjadi bencana. Oleh karena itu perlu dipahami karakteristik unsur-unsur iklim di daerahnya agar bisa mengurangi risiko kemungkinan terjadinya bencana.
Iklim di suatu tempat disusun oleh unsur-unsur yang variasinya besar, maka hampir tidak mungkin untuk dua tempat yang kondisinya saling berbeda mempunyai 2 iklim yang identik. Karena itulah dilakukan berbagai pengamatan tentang iklim pada suatu tempat/daerah tertentu. Pengamatan tersebut mulai dari lapisan tanah sedalam akar tumbuh-tumbuhan dengan lapisan udara tempat makhluk hidup tumbuh sampai pada lapisan tertinggi yang penting bagi biologi udara yaitu lapisan yang berhubungan dengan penyebaran.

Posted by : Juragandlieur
This post Updated at :Tuesday, December 15, 2015