Peralatan Klimatologi

Tuesday, 15 December 2015

Peralatan Klimatologi

Manusia masih belum dapat mengendalikan iklim dan merubah cuaca secara keseluruhan. Namun karena adanya kajian klimatologi, manusia dapat melakukan beberapa usaha untuk mengubah iklim dan cuaca pada skala mikro (misalnya dengan pembuatan irigasi, rumah kaca, penahan angin dan sebagainya). Klimatologi bermanfaat dalam pemilihan tempat untuk tanaman tertentu atau tanaman untuk suatu tempat tertentu, percobaan-percobaan agronomi dan budidaya suatu tanaman yang sesuai dengan iklim suatu daerah tertentu.
Dengan memiliki pengetahuan dan keakhlian dalam bidang klimatologi diharapkan berbagai bidang kegiatan manusia terutama bidang pertanian dapat meminimalisir kerugian yang akan diderita akibat perlakuan iklim maupun cuaca sehingga dapat memaksimalkan hasil yang akan diperoleh nantinya.
Iklim di suatu tempat disusun oleh unsur-unsur yang variasinya besar, maka hampir tidak mungkin untuk dua tempat yang kondisinya saling berbeda mempunyai 2 iklim yang identik. Karena itulah dilakukan berbagai pengamatan tentang iklim pada suatu tempat/daerah tertentu. Pengamatan tersebut mulai dari lapisan tanah sedalam akar tumbuh-tumbuhan dengan lapisan udara tempat makhluk hidup tumbuh sampai pada lapisan tertinggi yang penting bagi biologi udara yaitu lapisan yang berhubungan dengan penyebaran.
Menentukan iklim suatu daerah diperlukan data yang telah terkumpul lama tak cukup satu tahun bahkan 10-30 tahun, hasil dari pengukuran alat ukur khusus yang disebut instrumentasi klimatologi. Instrumentasi klimatologi tak jauh beda bahkan kadang sama dengan instrumentasi meteorologi.


Unsur-unsur klimatologi terdiri dari berbagai macam unsur seperti Radiasi Matahari, Suhu Udara, Tekanan Udara, Angin, Hujan, Penguapan dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk mengamatinya diperlukan dan digunakan berbagai peralatan yang berbeda pula.
Secara garis besar peralatan klimatologi dibedakan menjadi dua kategori, yaitu peralatan konvensional (manual) dan peralatan modern (otomatis).

Peralatan klimatologi konvensional adalah suatu peralatan yang digunakan dalam pengamatan unsur-unsur klimatologi yang masih menggunakan sistem sederhana dan manual.
Peralatan-peralatan tersebut adalah :
  1. Thermometer
  2. Micro Fiche
  3. Campble Stokes
  4. Phyrheliograph
  5. Barometer Air Raksa
  6. Penakar Hujan Otomatis
  7. Penakar Hujan Observatorium (OBS)
  8. Panci Penguapan
  9. Anemometer
  10. Cup Counter Anemometer

Posted by : Juragandlieur
This post Updated at :Tuesday, December 15, 2015