Bahan Pangan Nabati dan Hewani - Bahan Pangan

Bahan Pangan Nabati dan Hewani - Pertanian

Bahan Pangan

Juragandlieur; Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan setiap makhluk, khususnya manusia yang telah memilih macam tumbuhan dan hewan yang mudah dipelihara, mudah diolah, mudah disimpan dan diawetkan, serta mempunyai manfaat yang paling banyak; rasanya yang enak dan wangi.
Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati (organik), serta air dan bahan tambahan makanan (non organik), baik yang diolah maupun tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia.

Bahan pangan adalah hasil pertanian yang secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
  1. Bahan pangan nabati
  2. Bahan pangan hewani


Bahan Pangan Nabati

Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman (bisa berupa akar, batang, dahan, daun, bunga, buah atau beberapa bagian dari tanaman bahkan keseluruhannya) atau bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman. Bahan pangan nabati umumnya bersifat lunak, keras, rapuh, dan kenyal/elastis serta berdaya tahan lebih tinggi.
Bahan pangan nabati merupakan produk hasil pertanian sebagai sumber serat, air, vitamin dan mineral yang didapat dari buah-buahan dan sayuran.

Bahan Pangan Hewani

Bahan pangan hewani adalah semua bahan pangan yang berupa atau dari hewan atau produk-produk yang diolah dengan menggunakan bahan dasar asal hewan. Bahan pangan hasil hewani pada umumnya tidak mempunyai daya tahan atau daya simpan yang lama terutama apabila bahan tersebut dalam keadaan segar. Bahan pangan hewani umumnya bersifat lunak, tidak tahan terhadap tekanan dan hantaman sehingga mudah rusak yang disebabkan oleh tingginya kandungan air dan sifat-sifat komponen penyusun lainnya yang merupakan komponen potesial untuk pertumbuhan mikroba. Bahan pangan hewani merupakan produk hasil perikanan dan peternakan sebagai sumber protein dan lemak.


Judul :

Bahan Pangan Nabati dan Hewani | Juragandlieur


Tag : #klimatologi, #pertanian

Comments



Popular Posts

Peran Air Bagi Tumbuhan

Alat Untuk Mengukur Penguapan - Penguapan

Sifat Bahan Pangan - Bahan Pangan

Manfaat Klimatologi

Alat Untuk Mengukur Suhu Udara