Suhu Tanah, Tanah


Suhu Tanah, Tanah - Klimatologi


Tanah

Banyak definisi mengenai tanah, diantaranya; Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik (wikipedia);
Tanah merupakan akumulasi tubuh alam bebas berdimensi tiga, menduduki sebagian besar permukaan bumi yang mampu menumbuhkan tanaman dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan organisme yang bertindak terhadap bahan induk pada kondisi topografi tertentu dan selama jangka waktu tertentu pula (Donahue, 1970); dan Tanah merupakan bahan mineral yang tidak padat (unconsolidated), terletak dipermukaan bumi yang telah dan akan tetap mengalami perlakuan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor genetik dan lingkungan yang meliputi bahan induk, iklim (termasuk kelembaban dan suhu), organisme (makro dan mikro) dan topografi pada suatu periode tertentu (Hanafiah, K.A. 2010. Dasar-dasar Ilmu Tanah).
Dalam bidang pertanian, tanah merupakan media tumbuh tanaman dan tempat hidup organisme tanah. Dari berbagai definisi tersebut, dapat dinyatakan bahwa tanah merupakan hasil evolusi yang diakibatkan oleh pengaruh iklim, topografi dan organisme. Sehingga dapat disimpulkan bahwa iklim merupakan salah satu faktor yang dapat mengendalikan pembentukan tanah. Faktor iklim yang dominan terhadap pembentukan tanah adalah curah hujan dan suhu.



Suhu Tanah

Suhu Tanah pada umumnya rata-rata lebih besar daripada suhu udara, hal ini disebabkan penyimpanan panas di tanah lebih lama dibandingkan dengan di udara. Pada saat intensitas radiasi matahari maksimum, maka suhu tanah maksimum pada permukaan tanah akan tercapai. Tetapi pada lapisan yang lebih dalam, suhu maksimum akan tercapai beberapa saat kemudian seiring dengan waktu yang dibutuhkan untuk perpindahan panas dari permukaan tanah ke lapisan-lapisan tanah tersebut.
Suhu tanah berperan penting dalam bidang pertanian karena turut menentukan apakah tananam dapat tumbuh atau tidak. Peningkatan ataupun penurunan suhu tanah yang ekstrim akan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman seperti perkecambahan, pertumbuhan dan perkembangan benih, perkembangan akar serta aktivitas organisme di dalam tanah. Oleh karena itulah, pengetahuan mengenai suhu tanah sangat dibutuhkan dalam bidang pertanian karena bisa dijadikan sebagai referensi penentuan perencanaan pertanian dalam menentukan jenis komoditas/varietas apa yang sesuai dan dapat ditentukan metode apa yang akan dilaksanakan untuk menyesuaikan sistem usaha tani dengan keadaan suhu tanah setempat.



Variasi Suhu Tanah

Suhu tanah bervariasi menurut pola harian dan musiman akibat pengaruh dari beberapa faktor, diantaranya adalah faktor lingkungan (Radiasi matahari dan awan, curah hujan, penguapan dan vegetasi) dan faktor tanah (Tekstur tanah, struktur tanah, warna tanah, kelembaban tanah, garam-garam terlarut dan kandungan bahan organik).


Judul :

Suhu Tanah - Tanah | Juragandlieur


Tag : #klimatologi

Comments



Popular Posts

Alat Untuk Mengukur Penguapan - Penguapan

Peran Air Bagi Tumbuhan

Sifat Bahan Pangan - Bahan Pangan

Manfaat Klimatologi

Alat Untuk Mengukur Suhu Udara